Recommendations

Monthly Recommendations: June 2017

Assalamu’alalikum! May peace be upon you. In this very special month of Ramadan, I’ll try to recommend things that you should listen, watch, read, go or do in this month. I’ll also try to keep the format to be the same, just some kind of bullet points. Who cares anyway! (If you haven’t read my last month recommendations, you can read it here).


  • Kajian Fiqh Shirah “Inspirasi Nabi” 

Kajian ini merupakan kajian mingguan yang dilaksanakan oleh Muda Community bekerja sama dengan AFKAR Institute yang bertempat di Ruang Utama Masjid Salman ITB setiap hari Kamis yang dimulai tanggal 18 Mei kemarin. Kajian ini diisi oleh Ust. Muhammad Elvandi yang pertama kali saya lihat saat acara Gerakan Subuh Jama’ah Nasional kemarin. Beliau mengisi kajian bada Subuh mengenai politik dan sejarah Islam.

Kajian ini secara umum berisi tentang biografi sejarah kehidupan Nabi Muhammad saw. yang dimulai dari sebelum kelahiran Beliau hingga melalui fase-fase kehidupan dimana Beliau dibentuk karakternya oleh Allah swt. Hal yang ditekankan di kajian ini adalah bagaimana kita dapat mengambil inspirasi-inspirasi dari setiap fase kehidupan Rasul sehingga kita dapat menambal karakter-karakter kita yang masih belum terbentuk hingga saat ini.

Menariknya, pada sesi ketiga kemarin, selain mendatangkan Ust. Elvandi, kajian ini juga mendatangkan Guest Speaker, Amina Ounes, Al-Hafizhah, Qariah Perancis, Institut Eurioeen des Sciences Humaines de Paris. Sesi khusus ini diisi dengan menggunakan Bahasa Inggris dengan tema “Islam in France: Challange & Opportunity“.

Untuk kalian yang tertarik mengikuti kajian ini dan berada di daerah Bandung, bisa langsung datang ke Masjid Salman ITB setiap hari Kamis (jam dapat berubah). InsyaAllah, kajian ini akan dilaksanakan selama 30 sesi. Untuk kalian yang tidak bisa datang langsung, bisa melihat rekamannya di sini.

  • Movie: Iqro – Petualangan Meraih Bintang

Tanggal 5 Juni kemarin, P3R Salman ITB menyelenggarakan agenda nonton bareng film ini. Entahlah kapan lagi kesempatan (resmi) untuk menonton film ini berikutnya. It’s worth your time. You can see my short review about this movie here.

  • Book: Saksikan Bahwa Aku Seorang Muslim

Buku karangan Ust. Salim A Fillah ini merupakan salah satu buku pertama yang saya baca di pertengahan masa SMA. Waktu itu saya meminjamnya di perpustakaan Masjid sekolah. Buku ini mempunyai sentimen sendiri mengingat ini merupakan gerbang pembuka saya ke dalam dunia tulisan serta membuka pikiran baru terhadap kehidupan, khususnya dalam perspektif Islam.

Menjadi muslim adalah menjadi kain putih. Lalu Allah mencelupnya menjadi warna ketegasan, kesejukan, keceriaan, dan cinta; rahmat bagi semesta alam. Aku jadi rindu pada pelangi itu, pelangi yang memancarkan celupan warna Ilahi. Telah tiba saatnya, derai berkilau Islam tak lagi terpisahkan dari pendar menawan seorang muslim.

  • YouTube Channel: Salman TV

Salman TV adalah web TV yang dikembangkan oleh Aktivis Masjid Salman ITB. Itulah tulisan yang terdapat di deskripsi channel YouTube Salman TV. Jelas, secara umum konten yang ada di channel ini adalah konten konten yang berhubungan dengan nuansa nuansa Islami. Mulai dari rekaman Kajian, Khutbah Jumat, Motivasi, short films hingga soundtrack Ost. film Iqro. Namun, setiap Bulan Ramadhan, Salman TV secara rutin mengupload rekaman Ceramah Taraweh serta beberapa bacaan Imam Shalat Taraweh.

Beberapa video yang saya rekomendasikan untuk ditonton adalah ceramah taraweh dari Prof. Dr. KH. Maman Abdurrahman pada tanggal 31 Mei kemarin yang membahas tentang bagaimana Islam, Quran serta Indonesia mempersatukan kita sebagai bangsa.

Selanjutnya, Khutbah Jumat dari Ir. HM. Furqon Al Faruqi dengan judul “Peradaban Al-Quran”.

Terakhir, Masjid Salman mengundang Bapak Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Lc, M.Si untuk mengisi Ceramah Taraweh pada 2 Juni kemarin.

  • Take A Walk

Capture.PNG

To compensate the sport point in the last recommendations, this month I’ll recommend you to just take a walk. Jalan-jalan. Seringkali, kita akan mempunyai keinginan besar untuk tidur selepas sahur. Padahal, pagi hari merupakan waktu yang krusial untuk keberjalanan kegiatan kita pada sisa hari itu. Alangkah ruginya apabila kita langsung tertidur begitu saja tanpa memanfaatkan ‘desain waktu’ yang istimewa di Bulan Ramadhan ini. Kalian bisa jalan-jalan di sekitar rumah, pergi ke taman-taman kota, mengunjungi teman/saudara dekat, atau kemana saja yang kalian inginkan. InsyaAllah, selepas jalan-jalan, kalian akan merasa lebih fresh dan dapat melaksanakan sisa hari dengan lebih optimal.


That’s it! My second monthly recommendations. Semoga di Bulan Ramadhan ini semua kebaikan yang kita lakukan dapat dilipat gandakan ganjarannya oleh Allah swt. aamiin. You can share your experience, thoughts or comments about the list in the box below. Hope you like it and eat your sahur.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s